Pentingnya Sistem Informasi bagi Manajemen Sekolah

21 March 2021

sejarah-sekolah

Sistem informasi manajemen atau SIM adalah suatu aplikasi sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan operasional, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi. SIM dapat digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida, dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya.

Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Dan lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat puncak manajemen.

Sistem informasi manajemen (SIM) mempunyai tujuan memenuhi informasi kebutuhan umum semua organisasi dari mulai perusahaan sampai sekolah. Sekolah sebagai suatu organisasi mempunyai kebutuhan yang sangat kompleks, hirarki manajemennya pun berlapis, mulai dari yayasan ke sekolah, sekolah ke murid serta wali murid, sampai dengan sekolah ke karyawan dan guru.

Mengelola sebuah organisasi yang kompleks seperti sekolah tidak bisa sembarangan dan dilakukan dengan pola manajemen konvensional. Dibutuhkan suatu terobosan, suatu tools yang dapat mengelola dan menghubungkan semua level hirarki manajemen yang ada di sekolah.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap level hirarki sekolah memerlukan informasi. Demikian pula sebaliknya, semua kegiatan menghasilkan informasi, baik yang berguna bagi sekolah yang melaksanakan kegiatan tersebut maupun bagi departemen lain diluar sekolah yang bersangkutan.

Oleh sebab itu, informasi berguna untuk semua macam dan bentuk kegiatan dalam sekolah. Apabila aplikasi sistem informasi manajemen dirancang dan dilaksanakan dengan baik, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh manajemen sekolah.

Hampir semua kegiatan akan terotomatisasi, efisiensi di setiap kebutuhan level hirarki, kinerja operasional juga akan meningkat. Sistem informasi manajemen sekolah adalah suatu aplikasi sekolah yang menjadi terobosan sekaligus tools yang dibutuhkan sekolah di zaman yang yang sudah serba maju ini.

Beberapa manfaat sistem informasi :

  1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
  2. Mengembangkan proses perencanaan dan kegiatan manajemen yang efektif.
  3. Efisiensi kebutuhan sekolah
  4. Sekuritas dan keamanan data terjamin dengan disistemkannya kegiatan arsiping.
  5. Memperbaiki produktivitas dan kinerja di setiap level hirarki manajemen.
  6. Memudahkan sekolah untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
  7. Mendukung pengambilan keputusan managerial.
  8. Mendukung tercapainya keunggulan strategis.

Ada banyak macam serta jenis sistem informasi yang beredar di masyarakat, yang paling populer digunakan adalah sistem informasi manajemen sekolah berbasis web yang dirasa penggunaannya mudah dan tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Sejatinya aplikasi berupa Sistem informasi sekolah dapat membantu meningkatkan mutu kualitas pelayanan di sekolah dan juga dapat membantu para pengambil keputusan secara cermat menetapkan kebijakan strategi yang dipergunakan untuk mencapai tujuan dari sekolah.

Maka dari itu, kami hadir untuk mempermudah sekolah dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK dalam memanajemen sekolah, yaitu SmartSchool. Aplikasi SmartSchool ini berbasis web yang tidak memerlukan spesifikasi laptop atau handphone yang tinggi.

Selain itu di SmartSchool ini, mampu mengintegrasikan seluruh proses pembelajaran daring maupun tatap muka. mengintegrasikan manajemen perpustakaan dan materi pembelajaran dengan sistem pengawasan kegiatan belajar atau tugas siswa secara efektif dan terdata, dengan Google Meet dan CCTV yang lebih efektif daripada tatap muka. Sistem Ujian Berbasis Komputer yang dilengkapi Kecerdasan Buatan untuk mengefektifkan pendataan kemandirian siswa/pengawasan ditambah sistem Manajemen Nilai sampai fitur Pelaporan yang memudahkan Guru, Manajemen Sekolah, Orang Tua Murid dan Murid dalam memantau data - data belajar, ujian serta kegiatan terkait lainnya.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita!

Kunjungi SmartSchool untuk informasi lebih lanjut!


Lihat Berita Lainnya